Mengatasi Konflik jQuery dengan Library JavaScript lainnya

jQuery.noConflict

Digunakan untuk melepaskan kontrol jQuery terhadap variabel $.

Pemahaman

Library-library JavaScript biasanya menggunakan karakter $ sebagai fungsi ataupun variabel, nah inilah yang menjadi penyebab terjadinya konflik dengan jQuery karena jQuery juga menggunakan karakter $ sebagai alias dari kata “jQuery”.

Cara Mengatasi

Untuk mengatasi konflik yang terjadi maka kita bisa gunakan jQuery.noConflict.

Contoh Kasus:

Saya mempunyai kode seperti dibawah ini:

 



Keterangan:

Dari kode diatas saya menggunakan library jwplayer.js dimana library ini mempunyai variabel dengan karakter $ sehingga terjadi konflik dengan jQuery.

Pertanyaan:

Bagaimana cara mengatasi konflik yang terjadi pada kode diatas sehingga saya bisa menggunakan library tersebut bersama dengan jQuery … ?

Jawaban:
 



Keterangan:

var f=jQuery.noConflict(), Kode ini digunakan untuk merubah alias untuk jQuery dari karakter $ menjadi f.

6 komentar

maaf gan, kurang jelas...
q mengalami crash antara jquery tools min ama table dalam 1 page. tak masukin frame slah satu juga tetep gak bisa :(

mungkin bisa diperjelas gan?
pakek image web-nya mungkin?

q bookmark selama 1 minggu ta gan, buat mantau masukanya, terima kasih :)

coba kirim contoh web nya gan, atau file nya.

kalau crash jquery add form dynamic dengan wysiwyg...tau ga gan solusinya

@Iswan Prahastomo, error nya gimana gan?

gan, gw mau nambahin fungsi untuk menampilkan struktur organisasi di aplikasi gw, tapi setelah digabungin struktur tersebut gak muncul. gw juga udah nambahin var f=jQuery.noConflict(); di jquery yg dipake untuk nampilin struktur org tsb.
solusinya gimana untuk masalah tersebut gan?

terimakasih

Potongan Jquery nya gimana gan. yang dipakai di programnya?

Silakan Berikan Komentar anda yang bisa mendukung blog ini, komentar anda saya harapkan, terima kasih
EmoticonEmoticon