Pengertian Cloud Computing

Cloud Computing dimana Cloud yang artinya "Awan" dan Computing yang artinya "Komputasi (Komputerisasi)" merupakan sebuah gabungan dalam pemanfaatan Teknologi Komputer yang dipadukan dengan pengembangan berbasis Internet. Dimana Cloud merupakan metafora dari Internet, sebagaimana Cloud yang sering digambarkan di diagram jaringan komputer. Istilah lain dalam teknologi cloud computing yaitu Sebuah jaringan komputer yang saling berhubungan dengan komputer lain yang dapat dijalankan secara bersamaan. Cloud Computing sebenarnya penerapannya terpaku pada satu server atau banyak yang telah disediakan yang layanannya berupa penyimpanan data di server.
Cloud computing yang datanya disimpan dalam server bersifat permanen artinya semua pengguna dapat mengakses secara bersamaan melalui akses internet, dan menggunakan datanya juga secara bersamaan. Untuk saat ini cloud computing menjadi sebuah tren teknologi terbaru 2015 dimana setiap orang akan melakukan penyimpanan datanya melalui cloud computing karena dengan menggunakan cloud computing data maka semua datanya akan aman karena terproteksi.
Cloud Computing adalah suatu konsep umum yang mencakup SaaS, Web 2.0, dan tren teknologi terbaru lain yang dikenal luas, dengan tema umum berupa ketergantungan terhadap Internet untuk memberikan kebutuhan komputasi pengguna. Sebagai contoh, Google Apps menyediakan aplikasi bisnis umum secara daring yang diakses melalui suatu penjelajah web dengan perangkat lunak dan data yang tersimpan di server. Komputasi awan saat ini merupakan trend teknologi terbaru, dan contoh bentuk pengembangan dari teknologi Cloud Computing ini adalah iCloud.
Penguna Cloud Computing yang paling banyak saat ini adalah perusahaan-perusahan besar karena memang sengaja digunakan karena agar setiap pengguna dapat mengakses data kapan saja dan dimana saja tanpa batas yang terpenting adanya koneksi internet.

Kelebihan Cloud Computing:

  1. Menghemat biaya dan ruang infratructure pembelian sumber daya komputer.
  2. Bisa mengakses file dimana saja dan kapan saja bila terhubung dengan Internet.
  3. Bisa menghemat waktu pada perusahaan sehingga bisa langsung fokus pada perkembangan infrastruktur.
  4. Dapat dengan mudah di monitoring dari satu server.
  5. Operasional dan manajemen lebih mudah dan sederhana.
  6. Menghemat biaya operasional pada sistem informasi yang dibangun.
  7. Penyimpanan data lebih aman.

Kekurangan Cloud Computing:

  1. Jika tidak ada internet Data tidak akan bisa di Access.
  2. Jika Internet yang kita gunakan Bandwidth terlalu kecil akan memperlambat Access Data.
  3. Server akan menjadi lambat jika user semakin banyak sehingga harus selalu upgrade Server.
  4. Jika tidak mempunyai Backup yang handal maka hal terburuk ini akan timbul karena semua data berada di satu server pada Cloud Computing.
Salam Hangat,
Depri Pramana

Silakan Berikan Komentar anda yang bisa mendukung blog ini, komentar anda saya harapkan, terima kasih
EmoticonEmoticon