Outline Cloud Computing - Internet Infrastruktur

Selamat siang semuanya, dalam mempelajari Cloud Computing ada 3 Outline yang harus kita ketahui pertama yang akan kita bahas di halaman ini yaitu Internet Infrastruktur. Kenapa Internet Infrastruktur harus kita perhatikan dalam Cloud karena dalam komunikasi datanya harus selalu menggunakan Internet dan dimana internet tersebut di kelola oleh ISP dan juga dalam penerapan-nya memerlukan sebuah networking baik client atau server bahkan networking WAN. Berikut adalah yang di perlukan dalam Internet Infrastruktur Cloud Computing:
  1. ISP Adalah merupakan kependekan dari Internet Service Provider yaitu sebuah perusahaan atau badan usaha yang menyediakan layanan jasa sambungan internet dan jasa lainnya yang berhubungan. ISP memiliki infrastruktur telekomunikasi yang terkoneksi ke internet dimana ISP nantinya akan membagi kapasitas koneksi internet yang dimilikinya kepada para pelanggan yang membutuhkan jasa koneksi internet. Itulah pengertian ISP yang paling benar. Biasanya sistem langganan yang diterapkan oleh ISP adalah sistem langganan tiap bulan meskipun saat ini banyak sekali provider telekomunikasi yang menerapkan sistem berlangganan dengan sistem berbasis quota.
  2. Client / Server dalam sebuah Cloud Computing harus ada Client dan Server, Dimana Server adalah lokasi data-data yang akan di akses secara Cloud dari Client dan memerlukan internet.
  3. Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit. Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai 625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon, satelit atau komunikasi pembawa lainnya. Sehingga Cloud Computing banyak diterapkan pada WAN karena jangkauannya sangat luas.
Dalam Cloud Computing Infrastruktur harus mendukung jika tidak maka dalam penerapan-nya tidak akan berjalan dengan baik.

Sekian Dan Terima Kasih,
Depri Pramana

Silakan Berikan Komentar anda yang bisa mendukung blog ini, komentar anda saya harapkan, terima kasih
EmoticonEmoticon