URL Rewrite menggunakan .htaccess



Selamat siang di hari yang cerah dan panas ini saya ingin membagi beberapa trik dalam SEO, berbagai tutorials SEO telah banyak di posting di website dan di blog nah dari itu saya mengabung semua triknya disini kita akan mengunakan URL rewrite melalui .htaccess:

Rewrite product.php?id=12 menjadi product-12.html
Redirect sederhana bagi anda yang bermaksud menyembunyikan ekstensi .php dari address bar browser dan mengubah URL Dinamis ( yang mengandung karakter “?” ) menjadi URL Statis

RewriteEngine on
RewriteRule ^product-([0-9]+)\.html$ product.php?id=$1

Rewrite product.php?id=12 menjadi product/domainmurah/12.html
Pelaku SEO selalu disarankan untuk menampilkan keyword utama di URLnya. Melalui teknik rewrite URL berikut anda dapat menampilkan nama produk di URL anda.

RewriteEngine on
RewriteRule ^domainmurah/([a-zA-Z0-9_-]+)/([0-9]+)\.html$ product.php?id=$2

Redirect URL non www menjadi www
Jika anda mengetik mytutorialswebsite.com di browser, maka secara otomatis anda akan diarahkan ke www.mytutorialswebsite.com. Untuk melakukannya, masukkan koding berikut ke dalam file .htaccess anda:

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^mytutorialswebsite\.com$
RewriteRule (.*) http://www.mytutorialswebsite.com/$1 [R=301,L]

Rewrite domain-anda.com/user.php?username=xyz ke domain-anda.com/xyz
Sudah pernah mengecek zorpia.com? Jika anda mengetik http://zorpia.com/user123 di browser maka anda akan diarahkan ke halaman profil user yang bersangkutan. Untuk mendapatkan redirect yang sama; http://abc.com/xyz ke http://abc.com/user.php?username=xyz maka anda bisa menambahkan koding berikut ke file .htaccess anda:

RewriteEngine On
RewriteRule ^([a-zA-Z0-9_-]+)$ user.php?username=$1
RewriteRule ^([a-zA-Z0-9_-]+)/$ user.php?username=$1

Redirect domain ke subfolder baru di dalam public_html
Posisikan anda baru saja melakukan redevelop terhadap situs anda dan semua pengembangan diletakkan di dalam folder “new” yang terletak di dalam folder root anda. Pengembangan dari website dapat diakses dengan “mytutorialswebsite.com/new”. Adapun memindahkan file-file tersebut ke folder root membutuhkan proses yang rumit. Menyiasatinya, anda bisa membuat kode berikut di dalam file .htaccess dan menempatkannya di bawah folder root pada website anda. Hasilnya setiap kali www.mytutorialswebsite.com akan langsung mengarah ke file-file di dalam folder “new”.

RewriteEngine On
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^mytutorialswebsite\.com$ [OR]
RewriteCond %{HTTP_HOST} ^www\.mytutorialswebsite\.com$
RewriteCond %{REQUEST_URI} !^/new/
RewriteRule (.*) /new/$1

Sumber: Berapa web di google. :)

Salam Hangat,





Depri Pramana

3 komentar

mohon bantuannya.. saya ingin mengubah alamat di addressbar :
www.coba.com/pengumuman.php ---> www.coba.com/pengumuman/
www.coba.com/pengumuman.php?id=5 --> www.coba.com/pengumuman/5 atau 5 itu diganti menjadi judul pengumuman

mav saya newbie dalam hal php dan sejenisnya. tapi saya mau belajar..
ini link contoh miniproject-nya:
http://www.4shared.com/rar/GvSFnF6Mba/LatihanURL.html

mohon bantuannya..
email : arielina_luv@yahoo.co.id #jika bersedia membalas

Terima Kasih

terima kasih banyak atas balasannya yang supercepat ini.
saya sudah mencoba aplikasikan, tapi tidak mau.
selalu dibilang objek not found ketika saya klik linknya.
apanya yang salah?
padahal mod_rewrite apachenya dah aktif? apa masalahnya kira2 ya?
apa karena xampp saya instal di drive D? apa metode penulisan script saya yang salah?
mohon bantuannya sekali lagi dan mungkin nanti lagi..

sekali lagi terima kasih atas balasan SuperCepatnya ini.
saya sangat menghargainya. ^_^

#mungkin htaccessnya bisa dicoba dulu pada contoh yang telah saya berikan(jika tidak keberatan)

saya sudah kirimkan datanya lewat email silakan di check n di coba

Silakan Berikan Komentar anda yang bisa mendukung blog ini, komentar anda saya harapkan, terima kasih
EmoticonEmoticon