PHP: Menata dan Mengurutkan Nilai yang Tidak Berurutan Dalam Tabel



Selamat siang friend-friend sekalian, hari ini saya mau share cara menata atau mengurutkan data, contoh kasus nya seperti berikut.
ID
Nama
Rangking
1
Naruto
1
2
Sasuke
2
3
Neji
3
4
Sakura
4
5
Kiba
5
6
Killer Bee
6
Karena Suatu alasan, peserta nomor 2, 4 dan 5 gagal seleksi dunia ninja, maka data tersebut dihapus dari tabel daftar_calon_ninja, sehingga kini tabel saya menjadi seperti ini:

ID
Nama
Rangking
1
Naruto
1
3
Neji
3
6
Killer Bee
6
Perhatikan kolom ranking. Nilai pada kolom tersebut menjadi 1,3,6, tidak lagi berurutan. Bagaimana mengubah nilainya agar menjadi 1,2,3 dengan menggunakan PHP/MySQL? Berikut adalah script PHP yang saya gunakan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut:
<?PHP
$dbhost = 'localhost'; //host
$dbuser = 'root'; //mysql username
$dbpass = 'password'; //mysql password
$dbname = 'db_ninja'; //database name
$conn = mysql_connect($dbhost, $dbuser, $dbpass)
                      or die ('Error connecting to mysql');
mysql_select_db($dbname);
$i = 1;
$resetRanking = mysql_query("SELECT ranking FROM daftar_calon_ninja ORDER by ranking") 
                            or die(mysql_error());
while($row = mysql_fetch_array($resetRanking)) {
      mysql_query("UPDATE daftar_calon_ninja SET ranking=$i 
                   WHERE ranking=".$row['ranking']);
 ++$i;
}
?>
Begitu diakses, nilai ranking pada tabel saya langsung berurutan:
ID
Nama
Rangking
1
Naruto
1
3
Neji
2
6
Killer Bee
3
Sekian, mudah-mudahan ada manfaatnya
Depri Pramana

Silakan Berikan Komentar anda yang bisa mendukung blog ini, komentar anda saya harapkan, terima kasih
EmoticonEmoticon