Mengatasi ERROR Pada Apahce - Xampp di Windows 7

Salah satu pengalaman saya yang cukup menguras emosi saat berulang kali apache yang saya install (xampp) tidak pernah berjalan dengan baik di OS windows 7. Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam mengaktifkan apache di service. Kemudian muncul pesan error seperti gambar dibawah ini..?
Yang pertama, penyebab paling umum, adalah bahwa beberapa aplikasi lain yang menggunakan port 80 pada PC Anda. Dan disini saya menemukan masalah pada Skype, ataupun applikasi lain yang menggunakan port 80 . Jika Anda membuka Skype, dan lihat menu Tools-> Options ... dan klik pada 'Advanced' kemudian 'connection', periksa apakah menggunakan port 80 dan 443 sebagai alternatif untuk opsi koneksi masuk' dicentang. Jika demikian, hapus centang, dan pastikan nomor port di dalam kotak di atas tidak 80. 

Atau anda bisa mencoba melihat semua port yang aktif melalui menu 'Commant Prompt' dengan mengetikkan Start | Run | CMD | Enter:

netstat -a –no

Kemudian tekan enter. Carilah 127.0.0.1:80 atau 192.168.1.100:80. Jika Anda dapat melihat salah satu, sangat mungkin bahwa lain proses yang menggunakan port 80. Catat nilai pada kolom PID (Process ID). Kemudian ketik berikut di 'Command Prompt' : 

tasklist

Dan tekan enter. Anda kemudian harus mampu mencocokkan dengan PID file eksekusi yang menggunakan port tersebut. Mungkin jelas dari nama file yang menyebabkanaplikasi. Atau anda juga bisa langsung memberhentikan program itu langsung melaluitask manager, tapi resiko ditanggun sendiri yah! hehehe...

Oww iya download XAMPP  langsung dari website xampp

--Update-- 
Ada cara lain yang dijamin ampuh yaitu dengan menggunakan port 85. Caranya, masuk ke folder XAMPP anda jika anda menyimpan installannya di C: maka C: -> XAMPP->APACHE->CONF. Lihat ada file httpd.conf, buka file itu dengan notepaddengan klik kanan->OPEN WITH->Notepad. Cari di dalam setiap baris file tersebut yang bertuliskan :

#Listen 0.0.0.0:80 
#Listen [::]:80 
Listen 80

Berikut ini lebih jelasnya:

Ganti nilai 80 menjadi 85. Kemudian save. Restart dulu xampp anda / exit-kan. Kemudian jalankan kembali XAMPP control panelnya. Start kan apache, dan jreng!!! pasti jalan dah.

Tapi jangan lupa, karena ini sudah diganti menjadi port 85, ketika anda mulai menggunakan localhost dari browser, anda harus menggunakan port 85, contohnya : 
http://localhost:85
Kemudian enter, Jreeenngggggg xampp berhasil start.. sekarang terserah kalian mau install apa aja bisa. :)



Silakan Berikan Komentar anda yang bisa mendukung blog ini, komentar anda saya harapkan, terima kasih
EmoticonEmoticon