Solusi Server Apache selalu "Port 80 is Busy"

Sering kali penulis mendapati pemula yang bingung, kok Apache nya ga mau idup yah?.. "Port 80 Busy".. beuh.. jengkel banget dah.. seperti yang pertama kali penulis alami dulu waktu pertama kali mengenal pemrograman PHP.. permasalahannya sih cukup simpel, namun dari masalah yang simpel tersebut akan membuang waktu kita hingga berhari-hari (itu dengan syarat jika yang dihadapi adalah pemula)..

Apache selalu berjalan pada Port 80, dan ketika kita apache selalu menunjukkan pesan Port 80 Busy dan tidak mau start, jangan khawatir.. itu bukan kerusakan, melainkan port 80 sudah digunakan oleh service lain.. setahu penulis, yang menempati port 80 itu diantaranya IIS Server, Skype, dll.
untuk memastikan port 80 sudah digunakan service lain atau belum, kita bisa mencoba mengubah port milik apache-nya terlebih dahulu.. pada server Xampp:

  1. buka pada file httpd.conf (C:/xampp/apache/conf)
  2. ubah Listen 80 menjadi Listen 85, simpan file tersebut.
  3. Start kembali apache


jika apache dapat berjalan (running), maka benar bahwa Port 80 telah digunakan oleh service lain. kasus yang sering terjadi adalah bahwa Port 80 digunakan oleh IIS Server (bagian OS), pemecahannya sangat sederhana, buka service.msc (bisa Anda cari pada search program and files).

  1. cari service "World Wide Web Publishing Service" kemudian klik "Stop the service".
  2. pada file httpd.conf, ubah Listen 85 menjadi Listen 80 kembali.
  3. coba lakukan kembali Start Apache

Pasti berhasil! :)

2 komentar

di windows 7 saya ga ada "World Wide Web Publishing Service" pada menu servis gan, gna,, :-(

Sebelum nya bisa nih apache nya, biasanya bentrok sama webmatrix atau app lainnya

Silakan Berikan Komentar anda yang bisa mendukung blog ini, komentar anda saya harapkan, terima kasih
EmoticonEmoticon